Unsur-Unsur Warna dalam Seni Rupa

Dalam kita menggambar dan melukis peranan warna sangat penting. Dengan warna sebuah gambar atau lukisan akan menampilkan efek-efek tertentu. Untuk itu pemahaman kita tentang warna sangat dibutuhkan. Beberpa hal tentang warna dalam studi kita dalam menggambar dapat kita sajikan dalam uraian berikut ini. 

Warna selain dikelompokan menjadi tiga kelompok warna juga diklasifikasikan menjadi dua kelompok berdasarkan temperatur. Apa itu temperatur? Temperatur adalah keadaan panas atau dingin. Jadi warna warna yang ada dikategorikan menjadi dua yaitu warna panas dan warna dingin. Warna panas maksudnya warna yang terkesan panas, sedangkan warna dingin adalah warna yang tekesan dingin jika kita pandang. 

Warna yang bertemperatur panas antara lain: kuning, kuning jingga, jingga, merah jingga, merah dan merah ungu. Sedangkan warna yang masuk kedalam temperatur dingin antara lain ungu, ungu biru, biru, hijau biru, hijau dan hijau kuning. Warna yang paling panas adalah kuning dan yang paling dingin adalah ungu. 

Setiap warna mengandung tiga aspek yaitu : hue, value dan intensity. Perbedaan warna disebabkan oleh ketiga aspek tersebut dan setiap aspek memiliki peran khusus dan berinteraksi satu dengan lainnya. 

Hue adalah nama warna pada lingakaran warna. Value adalah istilah untuk menunjukan terang gelapnya hue. Sedangka Intensity adalah cerah suramnya warna. Intensity yang tinngi menandakan warna yang cerah dan sebaliknya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unsur-Unsur Warna dalam Seni Rupa"

Post a Comment